Senin, 11 Januari 2016

Model Pembelajaran Klasikal Dengan Pendekatan Saintifik

Model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik yaitu pokok pembahasan bahan pelajaran Psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Model / Metode Pembelajaran Klasikal berdasarkan Pendekatan Saintifik didalam mencar ilmu pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Definisi pembelajaran klasikal.
2. Pembelajaran klasikal berdasarkan hebat / pakar.
3. #5 langkah metode pembelajaran klasikal.

Pengertian pembelajaran klasikal

Didalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) arti klasikal didefinisikan secara gotong royong di kelas. Berdasarkan pengertian tersebut maka model pembelajaran klasikal yaitu suatu model pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa yang secara gotong royong melaksanakan kegiatan diskusi (tanya jawab) dalam kelompok besar yaitu semua siswa yang ada dalam kelas.
Model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik Model Pembelajaran Klasikal Dengan Pendekatan Saintifik
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran
Pada model pembelajaran klasikal, guru mendominasi dan memilih seluruh proses kegiatan pembelajaran antara lain ibarat :
1. Banyaknya bahan yang akan diajarkan.
2. Urutan bahan pelajaran.
3. Kecepatan guru mengajar.

Dan lain sebagainya sehingga seluruh kegiatan didalam proses pembelajaran sepenuhnya berada di tangan guru.

Pembelajaran klasikal berdasarkan ahli

Pembelajaran klasikal berdasarkan Aunurrahman (2009: 147) yang menyatakan bahwa model pembelajaran klasikal lebih menitikberatkan pada tugas guru dalam memperlihatkan warta melalui bahan pelajaran yang disajikan. Model pembelajaran klasikal memakai pembelajaran kelas dalam proses pembelajaran.

Adapun berdasarkan Dimyati dan Mudjiono (2006:69) yang menyatakan bahwa pembelajaran kelas yaitu melaksanakan dua kegiatan sekaligus, yaitu antara lain :
1. Pengelolaan kelas.
2. Pengelolaan pembelajaran.

Sehingga sanggup disimpulkan bahwa, model / metode pembelajaran klasikal tidak sepenuhnya berpusat kepada guru saja, akan tetapi tugas siswa juga dituntut secara aktif pada proses kegiatan mencar ilmu mengajar.

#5 langkah metode pembelajaran klasikal

Berikut ini yaitu #5 langkah model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik yang sanggup dijelaskan sebagai berikut :

1. Mengamati
Kegiatan mencar ilmu yang dilakukan yakni siswa membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat).

2. Menanya
Kegiatan mencar ilmu yang dilakukan yakni siswa mengajukan pertanyaan wacana warta yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat warta pelengkap wacana apa yang diamati.

3. Mengumpulkan informasi
Kegiatan mencar ilmu yang dilakukan yakni siswa melaksanakan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek atau kejadian, acara wawancara dengan nara sumber.

4. Mengasosiasi (menalar)
Kegiatan mencar ilmu yang dilakukan yakni siswa mengolah warta yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.

5. Mengkomunikasikan
Kegiatan mencar ilmu yang dilakukan yakni siswa memberikan hasil pengamatan dan memberikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis atau media lainnya.
Demikian pembahasan mengenai model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik.

Daftar pustaka

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar