Jumat, 22 Januari 2016

Pengertian, Jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara Lengkap

Pengertian, jenis karya seni rupa terapan nusantara yaitu pembahasan utama bahan pelajaran seni budaya yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Karya Seni Rupa Terapan didalam mencar ilmu seni, budaya dan keterampilan yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian seni rupa nusantara.
2. Pengertian seni rupa terapan.
3. Pengertian seni rupa aplikatif.
4. Contoh wujud seni rupa aplikatif.
5. Jenis/bentuk karya seni rupa terapan.

Pengertian seni rupa nusantara

Apa yang dimaksud dengan seni rupa nusantara ?
Seni rupa nusantara yaitu bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang di kawasan masing-masing diseluruh wilayah yang meliputi Indonesia. Beragam bentuk kesenian nusantara tumbuh menurut hasil dari budaya masyarakat di wilayah yang sesuai dengan budbahasa istiadat serta kondisi lingkungan yang ditempatinya. Dari kesekian banyak bentuk kesenian yang berkembang, salah satunya yaitu bentuk seni rupa terapan.
 jenis karya seni rupa terapan nusantara Pengertian, Jenis Karya Seni Rupa Terapan Nusantara Lengkap
Baca juga : Bentuk Dan #7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Pengertian seni rupa terapan

Apa yang dimaksud dengan seni rupa terapan ?
Seni rupa terapan yaitu karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional, yaitu untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan) insan yang tidak hanya sanggup dipandang keindahannya, namun juga sanggup dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karya seni rupa terapan disebut juga dengan seni rupa aplikatif.

Pengertian seni rupa aplikatif

Apa yang dimaksud dengan seni rupa aplikatif ?
Seni rupa aplikatif yaitu karya seni rupa yang telah diaplikasikan (terapkan) pada bentuk-bentuk fungsional (bentuk apa saja yang dibentuk dengan tujuan untuk memenuhi hidup manusia).

Contoh wujud seni rupa aplikatif
#5 pola wujud seni rupa aplikatif adalah sanggup berupa :
1. Perlengkapan makan.
2. Perhiasan.
3. Perabot rumah tangga.
4. Perlengkapan pertunjukan.
5. Pakaian.
Pengertian, jenis karya seni rupa terapan nusantara

Jenis karya seni rupa terapan

Bentuk karya seni rupa terapan dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu menurut fungsinya, wujudnya dan bentuknya. Adapun #3 bentuk karya seni rupa terapan tersebut sanggup dijelaskan antara lain sebagai berikut :

1. Seni rupa terapan menurut fungsinya
a. Pemenuhan kebutuhan yang bersifat simpel (kegunaan)
Pemenuhan kebutuhan yang bersifat simpel atau disebut juga dengan sifat kegunaan yaitu suatu karya yang berfungsi sebagai benda pakai dan mengandung nilai hias. Contohnya adalah menyerupai perabotan rumah tangga, lemari, meja, bangku dan tekstil.

b. Pemenuhan kebutuhan yang bersifat estetis (keindahan)
Pemenuhan kebutuhan yang bersifat estetis atau disebut juga dengan sifat keindahan yaitu suatu karya yang berfungsi yang semata-mata hanya sebagai benda hias, benda hiasan dan penghias ruangan. Contohnya adalah menyerupai karya batik atau tenun yang dibentuk khusus untuk hiasan dinding dan benda-benda kerajinan untuk penghias ruangan, contohnya menyerupai topeng, vas bunga dan patung.

2. Seni rupa terapan menurut wujudnya
a. Karya seni rupa terapan dua dimensi (dwimatra)
Karya seni rupa terapan dua dimensi (dwimatra) yaitu suatu karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar serta sanggup dilihat dari satu arah. Contoh karya seni rupa terapan dua dimensi adalah batik, tenun dan wayang kulit.

b. Karya seni rupa terapan tiga dimensi (trimatra)
Karya seni rupa terapan tiga dimensi (trimatra) yaitu suatu karya seni rupa yang dilihat dari segala arah dan mempunyai ruang atau volume. Contoh karya seni rupa tiga dimensi adalah patung, rumah adat, senjata tradisional contohnya menyerupai rencong dan pedang.

3. Seni rupa terapan menurut bentuknya
Dalam karya seni rupa terapan menurut bentuknya dibagi dalam empat kategori yaitu antara lain sebagai berikut :
a. Transportasi tradisional.
b. Seni kriya.
c. Rumah adat.
d. Senjata tradisional.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, jenis karya seni rupa terapan nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar