Sabtu, 16 Januari 2016

Definisi Model Dan Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Para Ahli/Pakar

Definisi model dan pendekatan pembelajaran berdasarkan para jago atau pakar yakni pokok pembahasan bahan pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Pengertian Model Pembelajaran Dan Pendekatan Pembelajaran berdasarkan para jago didalam mencar ilmu pendidikan psikologi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. Teori konsep model pembelajaran.
2. Teori konsep pendekatan pembelajaran.

Teori konsep model pembelajaran

Pengertian model pembelajaran berdasarkan Jihad dan Haris (2010:25) yang menyatakan bahwa model pembelajaran sanggup diartikan sebagai suatu planning atau contoh yang dipakai dalam menyusun kurikulum, mengatur bahan siswa, dan memberi petunjuk kepada pengajar di kelas dan dalam planning pengajaran.
Definisi model dan pendekatan pembelajaran berdasarkan para jago atau pakar Definisi Model Dan Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli/Pakar
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Menurut Ahli/Pakar
Selanjutnya definisi model pembelajaran berdasarkan Trianto (2007:1) yang mengartikan bahwa model pembelajaran yakni suatu perencanaan atau contoh yang dipakai sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas.

Sedangkan arti model pembelajaran berdasarkan Agus (2009: 46) menyatakan bahwa model pembelajaran yakni landasan praktik pembelajaran hasil penurunan teori psikologi pendidikan dan teori mencar ilmu yang dirancang berdasarkan analisis terhadap implementasi kurikulum dan implikasinya pada tingkat operasional kelas.

Kemudian model pembelajaran berdasarkan pandangan Arends dalam Agus (2009: 46) yang menyampaikan bahwa model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya :

1. Tujuan-tujuan pembelajaran.
2. Tahap-tahap dalam acara pembelajaran.
3. Lingkungan pembelajaran serta.
4. Pengelolaan kelas.

Berdasarkan pengertian, teori konsep / definisi beberapa para ahli diatas mengenai model pembelajaran, maka sanggup disimpulkan bahwa arti model pembelajaran adalah suatu contoh perencanaan yang dipakai dan berfungsi sebagai pedoman susunan planning proses pembelajaran (belajar-mengajar) yang akan dilaksanakan.
Baca juga : Tujuan Belajar Menurut Para Ahli

Teori konsep pendekatan pembelajaran

Pengertian pendekatan pembelajaran berdasarkan Syaiful (2003:62) yang menyatakan bahwa pendekatan yakni suatu pandangan guru terhadap siswa dalam menilai, memilih sikap dan perbuatan yang dihadapi dengan impian sanggup memecahkan duduk kasus dalam mengelola kelas yang nyaman dan menyenangkan dalam proses pembelajaran.

Dalam proses mencar ilmu mengajar, peranan seorang guru sangat penting dalam memilih arah tujuan dari kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dijalankan.

Selanjutnya definisi pendekatan pembelajaran berdasarkan Wahjoedi (1999: 121) menyatakan bahwa pendekatan pembelajaran yakni cara mengelola acara mencar ilmu dan sikap siswa biar ia sanggup aktif melaksanakan kiprah mencar ilmu sehingga sanggup memperoleh prestasi mencar ilmu secara optimal.

Sedangkan arti pendekatan pembelajaran berdasarkan Sagala (2005: 68) menyampaikan bahwa pendekatan pembelajaran yakni jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan instruksional tertentu.

Didalam setiap satuan pendidikan pastinya memiliki arah dan tujuan untuk dicapai dan diraih. Oleh alasannya itu, tujuan-tujuan tersebut juga sesuai berdasarkan instruksi atau instruksi yang telah diberikan oleh pemerintah.

Berdasarkan pengertian, teori konsep / definisi beberapa para ahli diatas mengenai pendekatan pembelajaran, maka sanggup disimpulkan bahwa arti pendekatan pembelajaran adalah suatu hal yang harus atau wajib dilakukan atau dijalankan oleh guru yang ditujukan kepada siswa biar sanggup menumbuhkan suasana belajar yang menarik perhatian siswa dan menyenangkan guna tercapainya proses acara pembelajaran yang telah diinginkan dan direncanakan oleh guru. Demikian pembahasan mengenai definisi model dan pendekatan pembelajaran berdasarkan para jago atau pakar.


Daftar pustaka

Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahjoedi. 1999. Jurnal Iptek Olahraga. Jurnal. Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK (PPPITOR).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar