Jumat, 05 Februari 2016

Macam, Jenis, Efek Samping Materi Kimia Dalam Rumah Tangga

Macam-macam, jenis-jenis dan imbas samping bahan kimia dalam rumah tangga ialah pembahasan utama materi pelajaran kimia yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai Macam-Macam Bahan Kimia yang ada didalam rumah tangga didalam mencar ilmu pendidikan kimia yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :

1. #4 jenis/macam materi kimia.
2. #2 jenis sabun.
3. #6 jenis pestisida.
4. Efek samping (pengaruh) penggunaan materi kimia pembersih, pemutih, pewangi dan pembasmi serangga.

#4 jenis/macam materi kimia

1. Pembersih
a. Sabun
Sabun ialah pembersih yang terbuat dari lemak nabati atau lemak hewani yang dipanaskan dengan larutan alkali. Sabun terdapat dua jenis, yaitu sabun keras dan sabun lunak. Adapun #2 jenis sabun tersebut sanggup dijelaskan sebagai berikut :
 ialah pembahasan utama materi pelajaran kimia yang akan dijelaskan dengan lengkap dan de Macam, Jenis, Efek Samping Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga
#1. Sabun keras
Sabun keras ialah sabun yang mengandung natrium.
#2. Sabun lunak
Sabun lunak ialah sabun yang mengandung kalium hidroksida, biasanya sabun jenis ini di peruntukan untuk sabun bayi.

b. Detergen
Detergen ialah pembersih yang didalamnya mengandung surfaktan, materi pengisi, pemutih, pewangi, materi penimbul busa.

c. Sampo
Sampo ialah pembersih yang dipakai untuk membersihkan rambut (keramas) dari debu dan kotoran-kotoran yang melekat.

d. Pasta gigi
Pasta gigi atau yang pada umumnya sering disebut dengan odol ialah pembersih yang mengandung materi aktif yang terdapat dalam pasta gigi yang berupa sodium monofluorofosfat dan kalsium gliserofosfat. Adapun sodium monofluorofosfat dan kalsium gliserofosfat berfungsi untuk memperkuat lapisan email gigi biar gigi sehat dan kuat.

e. Karbol
Karbol ialah pembersih yang biasanya dipakai sebagai cairan pembersih lantai supaya lantai cepat higienis dan juga wangi.

2. Pemutih
Pemutih biasanya dijual dalam bentuk larutannya dan dipakai untuk menghilangkan kotoran atau noda berwarna yang sukar untuk dihilangkan dengan hanya memakai sabun atau detergen.
Baca juga : Larutan Penyangga Dalam Ilmu Kimia
Larutan pemutih yang dijual di pasaran biasanya mengandung materi aktif natrium hipoklorit (NaOCI) sekitar 5%. Selain dipakai sebagai pemutih dan membersihkan noda, pemutih juga dipakai untuk desinfektan (membasmi kuman).

3. Pewangi
Pewangi ialah materi kimia lain yang dekat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita sanggup memperoleh materi pewangi dari materi alam maupun sintetik.

4. Pembasmi serangga
Pestisida dipakai untuk memberantas hama tumbuhan sehingga tidak menggangu hasil produksi pertanian. Adapun pestisida yang biasa dipakai oleh para petani sanggup digolongkan berdasarkan fungsi dan target penggunaannya, yaitu antara lain sebagai berikut :

#6 jenis pestisida

a. Insektisida
Insektisida ialah pestisida yang dipakai untuk memberantas serangga, antara lain menyerupai belalang, kepik, wereng dan ulat petani.
b. Fungisida
Fungisida ialah pestisida yang dipakai untuk memberantas dan mencegah pertumbuhan jamur atau cendawan.
c. Bakterisida
Bakterisida ialah pestisida yang dipakai untuk memberantas kuman atau virus.
d. Rodentisida
Rodentisida ialah pestisida yang dipakai untuk memberantas hama tumbuhan yang berupa binatang pengerat, antara lain menyerupai tikus.
e. Nematisida
Nematisida ialah pestisida yang dipakai untuk memberantas hama tumbuhan jenis cacing (nematoda). Hama jenis cacing atau yang disebut juga dengan nematoda biasanya menyerang akar dan umbi tanaman.
f. Herbisida
Herbisida ialah pestisida yang dipakai untuk membasmi tumbuhan penganggu (gulma), antara lain menyerupai alang-alang, rerumputan dan eceng gondok.

Efek samping (Pengaruh)

Selain mempunyai manfaat didalam kehidupan sehari-hari, materi kimia yang sering ada pada rumah tangga juga mempunyai imbas samping dan berdampak pada penggunanya yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Efek samping penggunaan materi pembersih
a. Dapat menyebabkan iritasi pada kulit (akibat terlalu basa).
b. Eutrofikasi pada perairan.
Baca juga : Titrasi Asam Basa Dalam Ilmu Kimia
2. Efek samping penggunaan materi pemutih
a. Dapat merusak kulit.
b. Dapat menyebabkan akronosis. Akronosis adalah gangguan pada kulit, dimana kulit membentuk benjolan kekuningan.

3. Efek samping penggunaan materi pewangi
Jika tertelan, senyawa yang terkandung di dalam pewangi (larutan hidroalkohol) sanggup menekan fungsi otak dan menyebabkan kantuk.

4. Efek samping penggunaan materi pembasmi serangga
Sisa-sisa pestisida yang masuk ke perairan sanggup membunuh plankton dan pada jadinya akan menganggu ekosistem alam.

Demikian pembahasan mengenai macam-macam, jenis-jenis dan imbas samping bahan kimia dalam rumah tangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar